Hari Aksara Internasional Ke-49: Bangkitkan Indonesia dengan Baca-Tulis

Direktur KOMUNITAS
Direktur Eksekutif KOMUNITAS

PERNYATAAN SIKAP
KOMUNITAS “CIREBON MEMBACA, CIREBON MENULIS”
“Bangkitkan Indonesia dengan Baca-Tulis”

Berdasarkan Konferensi Tingkat Menteri Negara-negara Anggota PBB pada tanggal 17 November 1965 di Teheran, Iran, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional (International Literacy Day), HAI. Mengingat masih tingginya jumlah penduduk tuna aksara di dunia, UNESCO mencanangkan Satu Dekade Keaksaraan Persatuan Bangsa-Bangsa atau UNLD (United Nations Literacy Decade) 2003-2012. Dekade peningkatan penduduk global ini dibagi atas lima tema, yaitu: 1. Keaksaraan dan Gender (2003-2004); 2. Keaksaraan dan Pembangunan Berkelanjutan (2005-2006); 3. Keaksaraan dan Kesehatan (2007-2008); 4. Keaksaraan dan Pemberdayaan (2009-2010); dan 5. Keaksaraan dan Perdamaian (2011-2012).

Pada awal UNLD, tahun 2003, ada 15,41 juta orang buta aksara di Indonesia. Pada tahun 2010, jumlah itu menyusut menjadi 7,54 juta orang. Artinya, Indonesia lebih cepat melampaui target Millenium Development Goals (MDGs) yang menyepakati penurunan 50 persen buta aksara pada tahun 2015.

Dalam konteks Indonesia, adanya penurunan angka buta aksara bahkan mendapat penghargaan sebagai Duta Buta Aksara Internasional tentu karena adanya kerjasama dan peran baik dari seluruh elemen, baik pemerintah, pers, ormas, lembaga sosial, penerbitan, perguruan tinggi, termasuk masyarakat Indonesia sebagai individu.

Namun demikian, ini bukan berarti budaya literasi benar-benar sudah menjadi budaya hidup masyarakat dalam berbagai skala. Hingga kini budaya literasi (baca-tulis) masih menjadi budaya dalam skala individu, dan belum menjadi budaya bangsa yang masif. Dengan demikian, semua elemen bangsa (terutama pemerintah) masih memiliki tugas besar dan mendesak untuk menghidupkan dan menggerakan bangsa ini agar melek aksara, lebih dari sekadar peningkatan angka melek aksara semata, lebih utama lagi adalah membangun budaya: menjadikan baca-tulis sebagai budaya sekaligus bagian terintegrasi dalam berbagai skala kehidupan: dari individu, masyarakat, hingga bangsa dan negara.

Pengentasan buta aksara, selain sebagai salah satu amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 tahun 2006 tentang Gerakan Nasional Percepatan Pendidikan Dasar 9 Tahun dan Percepatan Pemberantasan Buta Aksara yang berisi kewajiban seluruh komponen masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menekan jumlah buta aksara di Indonesia, ia juga merupakan cara terbaik untuk membangkitkan kejayaan dan kontribusi Indonesia dalam level global.

Dalam konteks itu, sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Aksara Internasional yang ke-49 tahun ini (pada 8 September 2014), Komunitas “Cirebon Membaca, Cirebon Menulis” menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mendesak pemerintah pusat dan daerah agar memberikan perhatian yang serius disertai dengan kebijakan nyata dalam upaya meningkatkan melek aksara.
2. Mengajak seluruh pegiat literasi termasuk media massa (cetak dan elektronik), perguruan tinggi serta ormas untuk meningkatkan peran dalam upaya peningkatan melek aksara.
3. Mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membangun budaya baca-tulis.
4. Mengajak pemerintah dan masyarakat agar di setiap tanggal 8 September menyempatkan waktu satu jam untuk membaca dan menulis.

Demikian pernyataan ini disampaikan, semoga Indonesia semakin maju sekaligus menemukan takdir sejarahnya sebagai bangsa yang kontributif dalam membangun peradaban dunia yang semakin beradab. Akhirnya, mari mencintai Indonesia tanpa tapi! []

Cirebon, 08 September 2014
Komunitas “Cirebon Membaca, Cirebon Menulis” (KOMUNITAS)

Syamsudin Kadir
Direktur Eksekutif KOMUNITAS

Sekretariat:
Komplek Perumahan GSP, Jl. Jati III, Blok Q No. 22, RT. 05/RW. 17, Karya Mulya, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. 45135. No. HP.: 085-220-910-532 atau 085-323-027-046, E-mail: mitra.pemuda@ymail.com, Blog: mitrapemuda.wordpress.com.

One thought on “Hari Aksara Internasional Ke-49: Bangkitkan Indonesia dengan Baca-Tulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s