Mitra Pemuda, Penerbit Buku Pertama di Cirebon

Syamsudin Kadir
Direktur Eksekutif Mitra Pemuda

MENJADI penulis buku bahkan mendirikan penerbitan buku di kota yang dihuni sedikit penulis dan ‘kosong’ penerbitan adalah satu langkah maju dan berani. Apalagi pilihan seperti ini dilakukan di saat ekonomi masyarakat Indonesia secara umum mengalami penurunan bahkan tak menentu. Namun apa jadinya jika hal tersebut tetap menjadi pilihan, bahkan serasa suatu kenekatan. Hal itulah yang dilakukan oleh Syamsudin Kadir (30 tahun)—yang sering disapa Kang Kadir—penulis buku sekaligus Direktur Penerbit Mitra Pemuda yang beralamat di Komplek Perumahan GSP, Jl. Jati III Blok Q No. 22, RT. 05/RW. 17, Kel. Karya Mulya, Kec. Kesambi, Kot Cirebon, Jawa Barat, selama sekian terkahir hingga kini. Selain sukses menulis buku, pria yang suka mengunjungi toko buku ini juga sukses sebagai editor berbagi naskah buku para tokoh dan penulis terkenal.

Berikut wawancara Kang Abdun (Pengamen jalanan yang berdomisili di Cirebon) dengan Kang Kadir pasca menjadi pembicara pada acara bedah buku The Power of Motivation di salah satu hotel di pusat kota Cirebon, Jawa Barat, kemarin (Rabu/4/9/2013).

Impian dan Semangat Penulis Cirebon

Menulis bukanlah hal yang baru bagi Syamsudin Kadir, Direktur Penerbit Mitra Pemuda, satu-satunya penerbit buku di Cirebon, Jawa Barat ini. Walau begitu, keberhasilannya untuk menghasilkan karya-karya bernas seperti buku Spirit to Your Success dan The Power of Motivation bukan hal yang mudah dan berjalan tanpa hambatan. Pemilik penerbitan buku yang berdomisili di Komplek Perumahan GSP, Jl. Jati III Blok Q No. 22, RT. 05/RW. 17, Kel. Karya Mulya, Kec. Kesambi, Kot Cirebon, Jawa Barat ini memiliki pengalaman yang cukup menegangkan. Hal itu bisa dipahami dari pengakuannya ketika beberapa buku karyanya diterbitkan. Namun karena impian dan semangatnya sudah tak terbendung lagi, akhirnya buku fenomenalnya itupun terbit juga.

“Kata seorang teman, saya ini pecandu buku, makanya saya tergoda untuk menulis dan menerbitkan buku karya saya. Cirebon adalah salah satu kota transit bagi wisatawan dari ibukota (Jakarta), Bandung (Jawa Barat) bahkan Sumatra menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bagi saya ini adalah peluang besar. Karena itu saya punya impian untuk mendirikan penerbitan buku di Cirebon, dan alhamdulillah kini sudah mulai beroperasi. Bahkan sudah menerbitkan beberapa buku, termasuk buku saya sendiri. Semangatnya ya semangat muda, menjadi mitra sukses bagi siapapun terutama elemen muda. Minimal menlis satu buku seumur hidup.” jelasnya.

Mitra Pemuda, Penerbit Buku Pertama di Cirebon

“Menulis dan menerbitkan buku sebagai salah satu bidang membangun kesuksesan adalah impian saya. Termasuk menjadi mitra bagi generasi muda dalam membangun usaha apapun. Apalagi ini Logo mitra pemudaadalah era dimana inovasi dan produktivitas begitu penting untuk dimiliki. Maka menghasilkan karya adalah sebuah pilihan jitu dan elegan, termasuk menulis buku.” pungkas penulis yang sudah menulis dan menerbitkan lebih dari 10 buku ini.

Impian dan semangat itulah yang kemudian menjadi penyemangat Ayah Azka Syakira (25 bulan) ini untuk terus membangun penerbitannya menjadi penerbit yang handal dan profesional. Ia sangat percaya bahwa dengan hadirnya Penerbit Mitra Pemuda sebagai penerbit pertama dan satu-satunya penerbit buku di Kota Cirebon, maka itu menjadi daya jual tersendiri. Apalagi jumlah kampus dan mahasiswa di Kota Cirebon bahkan wilayah seluruhnya (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) dari tahun ke tahun semakin meningkat.

“Mitra Pemuda inikan penerbit pertama di Cirebon dan satu-satunya penerbit buku di Cirebon. Ini merupakan peluang yang sangat luar biasa. Setiap orang mencari penerbit buku di Cirebon maka Mitra Pemuda-lah yang muncul. Coba saja Anda cari di internet, pasti tak ada penerbit selain Mitra Pemuda. Itulah yang membuat saya semakin semangat untuk totalitas dalam membangun usaha ini. Kendala itu biasa, asal lalui saja dengan kerja keras dan siap sukses bukan takut gagal. Sekarang jumlah mahasiswa dan kampus di wilayah 3 juga meningkat, ini peluang gratis dari Sang Kuasa. Mubazir kalau tidak dimanfaatkan dengan baik.” katanya menjelaskan.

Sebelum mengalami kesuksesan yang kini dialaminya, suami Uum Heroyati (27 tahun) ini sempat mengalami berbagai kendala yang tak berbilang. Namun berkat semangatnya yang terus membara, kini apa yang dulu diimpikannya sudah mulai menemukan kesuksesannya.

“Saya sudah menghadapi banyak ujian seperti naskah ditolak, proposal peminjaman modal usaha ditolak juga. Pokoknya saya ini pria yang sering mendapatkan penolakan deh. Namun ketika saya bersungguh-sungguh, bekerja keras, sabar dan mau memfirasati kesuksesan maka saya pun mampu melewatinya. Ini  juga merupakan amanah besar agar saya yang mengalami ujian semacam ini bisa berbagi kepada sesama. Agar yang lain dapat mengambil hikmah terbaik.” jelasnya dengan semangat.

Baginya, tugas manusia hanyalah berusaha sekuat tenaga, berdoa’a kepada Allah lalu sabar menanti hasil. Allah adalah penentu segala sesuatu. Maka memohon kepada-Nya dan menerima takdir-Nya adalah sikap terbaik.

“Tugas manusia adalah bekerja keras atas apa yang diusahakannya. Karena manusia makhluk yang diciptakan, maka manusia perlu banyak berdo’a lalu sabar menanti hasil dari Sang Penentuk takdir, Allah Swt. Bagi saya, menulis buku dan mendirikan penerbitan buku adalah wujud syukur atas semua yang saya peroleh selama ini dari Allah Swt. Sukses yang saya nikmati sekarang ini kan karena Allah dan do’a teman-teman, makanya saya sampaikan syukur dan terima kasih dengan berkarya saja. Tentu saja sebelumnya didahului usaha dan kerja keras yang tak berbilang. Siang-malam mesti diisi dengan kerja, bukan dengan banyak tidur aja. Di samping banyak baca dan nulis juga.” tambahnya.

Dengan adanya beberapa buku yang sudah diterbitkan, pria yang suka membaca, menulis dan berdiskusi ini berharap bisa menginspirasi banyak orang, utamanya kalangan muda. Jika memang membawa dampak, ia berharap dampak positif yang diterima pembacanya, seperti niatnya bahwa buku-buku karyanya ditulis atas dasar keinginan berbagi, sharing atas apa yang telah ia lewati selama ini.

“Saya menulis untuk menginspirasi dan berbagi motivasi. Saya kan menulis berdasarkan pengalaman saya sendiri, di samping dari beberapa tokoh yang menurut saya layak diceritakan ke banyak orang. Jika masyarakat Cirebon bahkan masyarakat Indonesia ingin sukses, maka saya tak salah kalau mengajak mereka untuk membaca buku saya. Namanya juga kan orang sukses dan ingin selalu sukses, ya mesti selalu berbagi. Semoga dengan begitu rezeki dari-Nya semakin banyak dan barokah.” lanjut pria yang suka bercanda dan doyan nyindir ini kaum jomlo alias belum menikah ini.

Acara bedah buku The Power of Motivation sendiri merupakan rangkaian acara rutinan Penerbit Mitra Pemuda tiap pekannya. Dengan kerja keras penyelenggara, peserta yang hadir dalam acara ini cukup banyak bahkan di luar dugaan. Menurut informasi panitia, acara ini hanya diperuntukkan bagi 30 orang saja. Namun di luar dugaan ternayata peserta yang hadir berjumlah 150 orang. Peserta yang hadir berasal dari berbagai latar belakang seperti penulis-penulis Cirebon, aktivis mahasiswa, guru, dosen, wartawan, anggota TNI, anggota Polri, pengamen, siswa SMU/MA dan masyarakat umum.

Semoga acara ini bermanfaat, dan ke depan acara serupa kembali diadakan. Bagaimana pun, Cirebon sangat membutuhkan pencerahan dan motivasi, termasuk dengan pola bedah buku karya penulis muda asal Cirebon. Salam sukses untuk semuanya! [Kang Abdun, Pengamen Jalanan—Cirebon, 4 September 2013] 

 

 

Catatan:

Tulisan ini diambil dari hasil wawancara sekaligus catatan Kang Abdun (Pengamen Jalanan di Cirebon) dengan Syamsudin Kadir (Kang Kadir) Penulis buku Spirit To Your Success, The Power Of Motivation sekaligus Direktur Penerbit Mitra Pemuda pasca acara bedah buku The Power Of Motivation di salah satu hotel di pusat kota Cirebon, Jawa Barat Rabu, 4 September 2013 kemarin. []

6 thoughts on “Mitra Pemuda, Penerbit Buku Pertama di Cirebon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s