Menulis Buku, Menulis Status Facebook

Menulis buku kadirku
Ketika Kang Kadir Menulis

SAHABAT sukses! Bagaimana kabar sahabat hari ini, baik-baik saja, bukan? Saya do’akan agar sahabat sehat selalu dan apa yang sahabat impikan segera menjadi kenyataan. Do’akan saya juga ya sahabat sukses!

Oke. Kali ini saya ingin mengajak sahabat untuk berbicara tentang menulis buku dari status facebook (FB). Asyik kan?

Sahabat sukses! Pernahkah sahabat k’pikiran bahwa menulis buku itu susah alias sulit? Atau sempat terbesit bahwa menulis buku, novel, cerpen atau semacamnya itu sesuatu yang tidak mungkin terjadi dalam dalam kehidupan sahabat?

Oke, tentu saja pernah. Bagi saya, itu sangat manusiawi. Ya tak mengapa, itu menunjukkan sahabat jujur dengan diri sahabat dan orang-orang di sekitar sahabat. Bagus itu.

Nah sekarang, jika sahabat masih merasakan hal yang sama, tapi sangat k’pingin menulis, khususnya menulis buku, bagaimana caranya? Langkah apa saja yang akan sahabat tempuh?

Nah, sebelum sahabat memberi jawaban atau berbagi pengalaman kepada saya dan sahabat-sahabat yang lain di luar sana, saya punya sedikit usulan atau apapun namanya yang bisa sahabat praktikkan langsung. Ya, semacam ide gila githu deh. Kali aja sahabat ikutan gila seperti saya. Tapi ini gila yang bermanfaat dan membuat sahabat sukses yeh. Bukan gila yang merusak orang lain alias tak bermanfaat.

Oh iya, sahabat sudah siap mendengar penjelasan saya kan? Hayo, yang belum siap mari bersiap-siap!

Sahabat sukses! Saya yakin setiap hari sahabat  mengganti status FB. Iya, kan? Biasanya berapa kali? 5 kali sejam? 10 kali sehari? Atau lebih dari itu? Wah wah wah ternyata sahabat hebat dan luar biasa. Sahabat sangat berpotensi menjadi penulis atau paling tidak minimal menulis satu buku seumur hidup.

Menuli buku dari FB, kok bisa? Menulis minimal satu buku seumur hidup, apa mampu?

Nah itu dia, makanya saya mengajak sahabat untuk membaca tulisan ini hingga akhir. Selain untuk merendam kepenasaran sahabat juga ya biar sahabat juga rajin alias doyan membaca. Hayo, lanjut! Nanti sahabat akan menemukan jawabannya.

Sahabat sukses! Tau kah sahabat bahwa dengan begitu saja, berarti sahabat sudah bisa menulis buku? Katakanlah sahabat mengganti status FB sahabat 5 kali sehari, artinya, dalam setahun sahabat memiliki status FB sebanyak 5 x 365 status. Hm hm hm… berapa banyak tuh tulisannya? Banyak sekali, bukan? Ya, silahkan hitung sendiri. Lalu, bagaimana kalau sahabat mengganti status FB sahabat lebih dari 5 kali? Tentu saja lebih banyak lagi tuh tulisannya.

Oke, tak perlu panjang lebar deh, coba kumpulkan status FB sahabat sekarang juga! Kumpulkan semua status FB sahabat sejak sahabat memiliki FB hingga sekarang. Saya yakin pasti banyak tuh statusnya. Jangan malu dan ragu, apapun status sahabat, itu adalah karya sahabat, dan silahkan ambil sekarang juga. Keburu diculik orang tuh, mendingan diamankan dari sekarang!

Nah, kalau sudah diambil, coba rapihkan, perbaiki huruf dan kata-katanya—kali aja ada yang salah atau kurang tepat—agar renyah dibaca dan yang membaca juga akan paham dengan apa yang sahabat tulis. Oke ya!

Setelah itu, jika memungkinkan silahkan pisahkan berdasarkan karakter isi atau tema statusnya. Misalnya kepemimpinan, kepemudaan, perjuangan, cinta, nikah, remaja, renungan, nasihat, motivasi dan lain-lain. Lalu tentukan judul buku sahabat yang kira-kira tepat atau sesuai dengan isi naskah sahabat. Misalnya, SEHARI MENULIS BUKU “Dari Status Facebook Menjadi Buku”, atau MENULIS BUKU, MENULIS STATUS FACEBOOK “Status Facebook Seorang Facebooker”, atau judul yang kira-kira tepat.

Setelah itu, coba simpan kumpulan status sahabat dalam kondisi siap cetak, misalnya, simpan di file ukuran A5, 19×13 cm. Sekarang sahabat sudah punya naskah buku kumpulan status FB. Setelah itu, coba deh print naskah sahabat. Di rentalan boleh, terserah aja. Yang penting naskah sahabat rapih dan sudah siap dijilid. Jangan lupa, silahkan naskahnya dibaca ulang juga. Biar terasa dalam jiwa bahwa sahabat sudah menulis buku.

Setelah itu, coba desain cover sederhana sesuai kesukaan sahabat atau coba minta bantuan teman sahabat tuk mendesain cover untuk calon buku sahabat. Jangan rumit-rumit, sederhana saja. Gambarnya juga begitu, yang kira-kira  sesuai dengan isi naskah sahabat saja. Kalau sudah ada, ya print langsung aja deh.

Sekarang sahabat sudah punya print-an naskah dan cover buku, bukan? Ini menunjukkan, sebentar lagi sahabat sudah punya buku sederhana karya sahabat. Kerjaan sahabat sekarang, silahkan datang ke foto kopian minta naskah sahabat dijilid seperti buku.

Sahabat sudah ke tempat foto kopian? Atau naskah sahabat sudah dijilid? Kalau sudah, ya berarti sekarang sahabat sudah berhasil menulis buku sederhana. Mudah toh? Tunggu apalagi, daripada bingung dan bengong, mendingan lakukan saja sekarang langkah-langkah yang saya sampaikan di atas. Daripada status FB sahabat nganggur tak dibaca oleh banyak orang dan tidak didokumentasikan dengan baik (jadi mubazir deh), lebih baik sahabat amankan dengan cara membukukan. Lagian bisa jadi suami atau istri Anda—kelak, bagi yang belum menikah—atau mungkin anak Anda kelak sangat k’pingin membaca status FB Anda selama sekian tahun yang telah lewat. Daripada lelah nyari, lebih baik kasih aja bukunya. Kan lebih asyik tuh.

Sahabat sukses! Dari situ dapat dipahami bahwa menulis tak perlu menjadi penulis. Sebagai apapun Anda pada dasarnya bisa menulis, walau bukan penulis. Cukup mengumpulkan status FB saja sudah menghasilkan satu buku. Apalagi kalau fokus dan selalu menulis setiap hari, pasti lebih dahsyat tuh hasilnya. Hayo, Anda yakin bisa, maka Anda pun bisa! [Syamsudin Kadir, Direktur Penerbit Mitra Pemuda, Penulis buku Spirit To Your Success, The Power of Motivation. No. HP: 085220910532—Cirebon, 4 September 2013]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s