Menjadi Pribadi Tangguh

TangguhSIAPA pun pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik dari apa yang pernah dia alami sebelumnya. Sesuatu dianggap lebih baik biasanya jika sesuatu tersebut membuat seseorang bahagia. Apa pun bentuk dan jenisnya, selama mampu memberi rasa bahagia, maka itu adalah pintu awal bagi hadirnya kehidupan yang lebih baik. Karena itu, ia akan berusaha mencari jalan dan menempuhnya.

Di antara syarat utama yang mesti dimiliki seseorang jika menginginkan kehidupan yang lebih baik adalah Ketangguhan Diri. Satu modal yang tentu saja sangat penting dan sangat diinginkan oleh banyak orang.

ü  Tangguh sama artinya dengan kuat, kokoh, tahan banting, bertekad untuk beridri tegak dan gigih pantang menyerah.

ü  Ketangguhan adalah kemampuan seseorang untuk berbuat yang terbaik dari apa yang dipercayakan kepadanya.

ü  Tangguh adalah membuat keputusan untuk mengubah sikap mengasihani diri, suka mengeluh dan bergantung menjadi percaya diri, mandiri dan totalitas dalam bertindak.

  • Ketangguhan diri mampu memotivasi seseorang dalam melaksanakan hal-hal besar dalam hidupnya. Menempuh risiko, mengubah kebiasaan buruk dan menjadi manusia unggul. Orang sukses biasanya memiliki ketangguhan yang melebihi orang biasa. Biasanya mereka memiliki rasa percaya diri yang jauh lebih tinggi dari orang biasa.

Berbicara mengenai ketangguhan diri, saya teringat dengan ungkapan seorang teman. Kata dia, “Untuk Anda yang menginginkan kehidupan yang lebih baik atau memperoleh kesuksesan yang lebih ideal dari apa yang sudah Anda gapai saat ini, pastikan Anda hidup dalam sikap percaya diri. Sadarilah bahwa saatnya akan datang dimana Anda harus bertindak berdasarkan dorongan kuat dari dalam diri sendiri. Tunjukkan kemampuan Anda yang sesungguhnya dan buktikan Anda sebagai pribadi yang matang. Jika Anda yakin, maka apa pun aktivitas Anda akan membawa kesuksesan bagi Anda.”

Dulu setelah lulus SMA (MA) saya dan teman saya sekampung diutus oleh pembina pesantren untuk melanjutkan kuliah di salah satu universitas di Surabaya-Jawa Timur. Karena kondisi yang tak begitu menantang, saya pun memutuskan untuk pindah ke Bandung-Jawa Barat. Saya bertekad belajar hidup mandiri. Ada banyak hal yang saya alami selama di Bandung. Pokoknya berbagai kendala dan tantangan hidup seperti yang juga dialami oleh siapa pun yang berani mengambil keputusan yang boleh dibilang ‘nakal’. Dari situ saya merasa bahwa beginilah kehidupan. Semuanya membuat saya belajar tahan banting. Mengutip ungkapan seorang teman, belajar menjadi tangguh.

“Para pejuang sejati memahami bahwa dalam berusaha mereka mungkin harus menyesuaikan diri terhadap apa yang terjadi, namun kekokohan dan kemampuan mereka untuk menjadi manusia yang tangguh menjadikan sosok yang luar biasa. Mereka paham betul bahwa perbedaan antara orang yang sukses dan gagal bukan pada apakah mereka membuat kesalahan, tapi pada sikap dan respon mereka atas kegagalan.”

Sahabat dahsyat! Kehidupan ini memang merupakan pergulatan sengit antara kekuatan tekad seseorang dengan kendala atau tantangan hidupnya. Di sini ia mesti memiliki ketangguhan diri. Ketangguhan diri bermakna bahwa ia mesti menjadi pribadi yang tangguh alias tahan banting.

Jika seseorang ingin menjadi pribadi yang tangguh, maka ia mesti memiliki Konsep Diri. Konsep diri adalah upaya mengenal diri. Pengenalan diri ibarat penelusuran lorong panjang kehidupan. Kejujuran dan penerimaan positif terhadap diri adalah kuncinya.

Bagi siapa pun yang ingin tangguh dalam menghadapi kehidupan yang penuh tantangan dan ujian ini, silahkan baca dan renungi firman Allah SWT. dan al-hadits berikut ini.

“Bertakwalah kepada Allah. menurut kemampuanmu”

(QS. At-Taghabun [64]: 16)

 

“Allah merahmati seseorang yang mengetahui kemampuannya”

(Al-Hadits)

                Mungkin di antara Anda ada yang bertanya, apa itu konsep diri? Sebetulnya, ketika Anda memutuskan untuk menerima dan melakoni kehidupan ini, dalam diri Anda sebetulnya terdapat wujud praktis dari konsep diri. Kesadaran akan adanya potensi dalam diri juga bisa dipahami sebagai wujud nyata seseorang memiliki konsep diri.

Konsep Diri adalah:

  • Pandangan dan sikap individu terhadap dirinya sendiri (Metcalfe, 1981),
  • Hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri kita sendiri. Mencakup seluruh pandangan individu akan dimensi fisiknya, karakteristik pribadinya, motivasinya, kelemahannya, kepandaiannya, kegagalannya dan sebagainya.  (Cawagas, 1983)

Secara sederhana, orang yang memiliki konsep diri biasanya memiliki beberapa hal:

  • Keluasan pergaulan

Bergaul adalah satu kultur manusiawi manusia sepanjang kehidupannya. Secara fitrawi, nyaris tak ada manusia yang tidak mau bergaul. Mereka yang memiliki konsep diri yang matang biasanya memiliki lingkup pergaulan yang cukup luas dan terus berupaya memperluas dan mempereratnya.

Nah, jika Anda ingin menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki kematangan konsep diri, maka bergaullah dengan siapa pun, terutama mereka yang menurut Anda memiliki keunikan tersendiri yang nantinya mampu menginspirasi atau mendukung Anda dalam menggapai apa yang ingin Anda raih. Orang yang suka bergaul biasanya akan memperoleh banyak hal positif, termasuk kemudahan dalam hal usaha atau bisnis.

  • Antusiasme dalam hidup

Antusiasme bisa dipahami sebagai respon positif dan kecekatan dalam merespon hal-hal yang terjadi, atau semangat yang menghiasi seseorang dalam menuntaskan aktivitas-aktivitas dalam menggapai impian-impiannya. Orang yang antusias, selalu memiliki sikap optimis akan diri, impian dan kehidupannya. Baginya, hidup ini adalah perjalanan mulia yang mesti dilalui dengan gambar kehidupan yang indah.

  • Capaian-capaian

Seorang yang memiliki konsep diri memiliki rencana atau capaian-capaian dalam hidupnya. Setiap waktu yang ia lalui selalu terisi dengan berbagai hal-hal positif yang terrencana dengan baik. Sehingga dia mampu mencapai apa pun yang menjadi keinginannya dalam hidup. Karena itu, jika Anda ingin sukses, milikilah capaian-capaian dalam hidup Anda. Semoga dengan begitu Anda menjadi pribadi yang disiplin dalam segala hal, selanjutnya Anda pun menjadi orang sukses.

  • Pembelajar

Orang tangguh adalah pembelajar sejati. Mereka selalu belajar dari setiap peristiwa dan keadaan. Tak ada kejadian atau apa yang mereka alami yang luput dari penerawangan mereka. Mereka menjadi pembelajar yang selalu mengambil hikmah atau pesan dari pengalaman hidup.

  • Teman sejati

Orang yang memiliki konsep diri pasti memahami bahwa dirinya bukan saja individu yang berdiri sendiri, tapi juga sebagai bagian dari realitas sosial. Dengan begitu, ia berusaha agar dirinya peran signifikan bagi orang di sekitarnta, terutama teman-temannya. Karenanya, ia berusaha agar memiliki banyak teman. Harapannya, apa yang menjadi impiannya dalam hidup akan mudah digapai karena dukungan teman-temannya.

Jika Anda percaya dengan pernyataan tersebut, maka saat ini juga Anda mesti memiliki teman sejati. Caranya sangat mudah: jadilah teman sejati bagi teman-teman Anda, siapa pun mereka.

Sebagai penegasan, siapa pun Anda, jika menginginkan kehidupan yang lebih baik maka Anda butuh Ketangguhan Diri. Satu modal yang tentu saja sangat penting dan sangat diinginkan oleh banyak orang.  Tangguh sama artinya dengan kuat, kokoh, tahan banting, bertekad untuk beridri tegak dan gigih pantang menyerah. Ketangguhan adalah kemampuan seseorang untuk berbuat yang terbaik dari apa yang dipercayakan kepadanya.

Orang-orang sukses dalam melakoni kehidupan ini adalah mereka yang memiliki ketangguhan diri. Mereka selalu belajar dari berbagai peristiwa dan kenyataan. Mereka tak kenal henti untuk mengambil hikmah dari seluruh potret kehidupan yang mereka lalui. Saya sendiri sedang belajar untuk itu. Semoga Anda juga begitu! [Syamsudin Kadir, Penulis buku Spirit To Your Success–No Hp: 082 147 324 063]

2 thoughts on “Menjadi Pribadi Tangguh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s