Memulai itu Penting

6 Jul

TAHUKAH Anda bahwa setiap kesuksesan pasti diawali dengan memulai? Jika ya, untuk menambah keyakinan Anda, saya menganjurkan kepada Anda agar bertanya kepada siapa pun yang menurut Anda sudah sukses dalam bidang tertentu atau profesinya. Sampaikan pertanyaan ini kepada mereka: Apa yang Anda lakukan di awal-awal agar mencapai kesuksesan seperti yang Anda dapatkan saat ini?

Dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Anda, saya ingin mengatakan satu hal kepada Anda: saya yakin mereka akan mengatakan saya mencapainya dengan memulai. Ya, mereka mulai melakukan aktivitas atau langkah menuju pencapaian apa yang mereka peroleh saat ini.

Setelah itu, sekarang silahkan tanya diri Anda sendiri dengan pertanyaan ini: Apa yang ingin saya mulai lakukan untuk menggapai kesuksesan yang ingin saya raih? (Silahkan tulis jawaban Anda secara berurutan sesuai dengan jumlah jawaban Anda!)

Pastikan Anda menjawab pertanyaan tersebut. Jika Anda belum menemukan jawaban, saya mengusulkan agar Anda kembali bertanya dengan pertanyaan yang sama. Karena jawaban Anda sangat menentukan apa yang Anda peroleh dari bahasan ini. Jika Anda sudah memberikan jawaban, sekarang saya mengajak Anda untuk memberikan jawaban atas pertanyaan berikutnya: Apakah saya sudah pernah melakukan sesuatu yang mesti saya mulai untuk menggapai kesuksesan yang ingin saya wujudkan?

  • Jika jawaban Anda ya, maka saya menganjurkan agar Anda terus melanjutkan ke bacaan selanjutnya, dan melanjutkan apa yang sudah Anda mulai selama ini. 
  • Jika jawaban Anda belum, maka saya menganjurkan agar Anda segera memulai dengan apa yang kira-kira perlu Anda awali dalam menggapai kesuksesan Anda.
  • Jika jawaban Anda tidak akan memulai, maka saya menganjurkan agar Anda menyadarkan diri Anda dengan membaca pernyataan ini: Ya Allah, berilah saya petunjuk agar hati saya terbuka dan segera melakukan sesuatu sebagai pintu awal bagi tercapainya kesuksesan yang saya raih kelak. Karena saya percaya bahwa saat ini adalah kesempatan terbaik bagi saya untuk memulai segalanya, dan tak ada kesuksesan selain karena kuasa-Mu. Ya Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Kaya, kuatkan saya dan kabulkanlah do’a saya!

Hampir semua orang sadar bahwa menggapai kesuksesan adalah satu jalan yang dihuni berbagai kendala dan tantangan. Tanpa disangka, tantangan sekaligus kendala paling dahsyat adalah tidak berani memulai alias malas mencoba. Ada banyak hal yang menjadi penyebab, di antaranya: tidak tahu harus mulai dari mana, atau mesti melakukan apa dan seterusnya. Di sini saya melihat satu hal yang sering menimpa sebagian orang yaitu takut mencoba. Adapun jika sudah mencoba lalu gagal, biasanya dijadikan alasan untuk tidak mencoba kembali. Untuk Anda yang terkena penyakit ini, saya perlu mengingatkan sekaligus menyadarkan Anda dengan satu pernyataan :

Ukurlah kemampuan Anda dari berapa kali Anda mencoba, bukan dari berapa kali Anda berdiam diri atau berapa kali Anda berputus asa.

Jika penyakit takut memulai sudah menghinggap diri Anda, maka saya menganjurkan agar Anda melakukan simulasi berikut:

Segarkan diri Anda dengan mencuci muka Anda atau mandi, setelah itu duduklah dalam sebuah kamar atau ruangan yang sepi. Di situ, tenangkan diri Anda dengan pengaturan nafas Anda secara pelan-pelan. Setelah Anda sudah tenang, pastikan Anda mengatakan ungkapan ini dalam hati Anda: Wahai diri, tenanglah. Berbahagialah dengan ketenangan. Setelah itu, katakanlah pada diri Anda secara pelan-pelan dalam hati Anda: saya harus memulai karena saya bisa, jika saya memulai maka itu pertanda saya sedang mengawali kesuksesan yang saya raih kelak.

 

Jika Anda sudah melakukan simulasi tersebut, sekarang bertanyalah pada diri Anda: Wahai diri, apakah engkau sudah tenang dan siap mengeksekusi langkah-langkah kesuksesan? Saya berharap Anda sudah siap memulai!

Bagaimana, apakah Anda punya pendapat terhadap simulasi sederhana ini? Apa pun jawaban Anda, saya berharap semoga simulasi tersebut menggugah kesadaran dan alam bawah sadar Anda untuk segera bangkit dan memulai segala yang memang mesti Anda mulai dalam menggapai berbagai kesuksesan yang Anda raih.

Selanjutnya, lebih teknis, saya menganjurkan agar Anda melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan, misalnya:

  1. Sapalah orang yang duduk bersebelahan dengan Anda ketika di angkutan umum!
  2. Berilah salam kepada orang yang Anda temui ketika Anda berjalan-jalan ke pasar!  
  3. Berilah kejutan kepada istri Anda dengan sesuatu yang belum pernah dia alami!  
  4. Kunjungi tetangga rumah yang belum pernah Anda kenal selama ini!
  5. Berkenalanlah dengan siapa pun yang Anda temui ketika Anda naik angkutan umum!

Beberapa hal tersebut hanyalah sebagian sarana untuk merangsang alam bawah sadar Anda, silahkan diulang-ulang, atau dilanjutkan dengan jenis aktivitas lain. Jika beberapa hal tersebut sudah Anda coba dan Anda mendapatkan hikmah yang dahsyat, saya menganjurkan agar Anda segera melakukan sesuatu yang menurut Anda termasuk aktivitas yang menunjang kesuksesan yang Anda raih.

Contoh sederhana, katakanlah Anda ingin sukses menjadi penulis, maka satu hal yang mesti Anda mulai adalah menulis. Di sini Anda tak perlu menilai apakah tulisan Anda salah atau tidak, biarkan saja jari-jari menuliskan apa saja sesuai apa yang Anda ingin tuliskan. Nanti Anda sendiri yang akan menikmati apa yang Anda karyakan. Saya percaya Anda akan memperoleh sesuatu yang berbeda dari apa yang Anda dapatkan dan rasakan selama ini.

Ingat, tidak ada seribu langkah tanpa langkah pertama. Memulai itu adalah langkah pertama. Jika Anda ingin sukses maka Anda harus memulainya dengan segera melakukan hal-hal yang mesti Anda tempuh. Hanya dengan begitulah, kesuksesan yang menjadi kehendak Anda segera membersamai Anda. Mau?

Ingat, jika Anda ingin sukses, maka Anda harus memilih: berani mencoba sekaligus harus memulai. Jika Anda gagal dengan pilihan Anda, silahkan dicoba kembali, begitu seterusnya. Begitulah kesuksesan diraih, dimulai dari langkah awal; ya berani memulai atau mencoba. Jadi, memulai itu penting. Selamat mencoba! [Subang-Jawa Barat, 3 Juli 2012; Oleh : Syamsudin Kadir, Instruktur di Lembaga Pelatihan Mitra Pemuda—081 804 621 609]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: