Menulis; Mengenang Panorama CIC Bandung

BEBERAPA pekan yang lalu saya mendapat undangan untuk menjadi pembicara pada acara KAMMI Poltek IT Telkom Bandung. Saya mendapat amanah untuk mengisi acara pada Kamis, 17 Mei 2012 bertempat di Ciwangun Indah Camp (CIC) yang terletak di Kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat, sekitar 300 meter dari Villa Istana Bunga.

Walau dengan ‘keterbatasan’ dan ‘kendala’ yang cukup ‘menghantam’, saya tetap memilih untuk berangkat. Dari Cirebon saya berangkat pukul 07.00 WIB menggunakan bus Bhineka ber-AC. Perjalanan kali ini saya lalui dengan santai. Pukul 12.00 WIB saya sdauah sampai terminal Cicaheum. Alhamdulillah tak menunggu lama, Mas Darmawan yang menjemput saya tiba jua.

Tanpa basa-basi, kami pun langsung berangkat menuju CIC, yang ditempuh sekitar 1 jam dari Kota Bandung. Tanpa diduga di tengah perjalanan ban motor Mas Darmawan yang saya tumpangi pecah. Kami pun langsung ke bengkel yang ada di dekat jalan yang kami lalui. Di bengkel ini kami beristirahat selama 30 menit. Di sela-sela istirahat saya menyempatkan diri untuk memotret beberapa situasi dan apapun yang menurut saya layak saya dokumentasikan, termasuk Mas Darmawan yang berada di dekat motornya.

Setelah motor sudah baikan, kami langsung menuju CIC. Sampai di CIC ternyata sudah menunjukkan pukul 13.30 WIB. Panitia dan peserta sedang menuju Curug Tilu. Karena belum shalat zuhur, saya dan Darmawan langsung shalat zuhur. Setelah itu, kami langsung ke Curug Tilu. Ya, walau pun tidak sampai di Curug Tilu, saya tetap merasa kali ini ada yang ‘khusus’ buat saya.

Oh ya, saya perlu menceritakan selintas mengenai Curug Tilu. Curug Tilu merupakan air terjun yang berada di area wana wisata CIC. Curug artinya air terjun, sedangkan Tilu artinya tiga, dengan demikian nama Curug Tilu kemungkinan berasal dari jumlah 3 air terjun yang ada di lokasi ini atau nama air terjun yang ketiga (terakhir). Ketinggian curug ini sekitar 5 meter, dan lebar sekitar 4 meter dan dengan kolam di bawahnya yang memiliki kedalaman sekitar 3 meter.

Bagi kamu yang k’pingin berkunjung, sekadar berbagi informasi, tiket masuk cukup Rp 5.000, sedangkan tiket untuk parkir motor cukup Rp 2.000.  Untuk fasilitas tersedia cukup lengkap, hal ini dikarenakan CIC berada di dalam kawasan yang sering digunakan untuk keperluan outbound keluarga, organisasi mahasiswa, karyawan perusahaan dan lain-lain. Selain Curug Tilu, masih banyak curug lain yang belum saya kunjungi kali ini. Lebih jelasnya, silahkan cari informasi di Pemda Kab. Bandung Barat atau Pemprov. Jawa Barat saja.

Jujur, kebisingan kota Bandung, kepenatan dan kekelahan yang saya rasakan hilang begitu saja. Banyak panorama indah yang saya saksikan. Bukit berpohon hijau, kali yang teraliri air jernih dan tentu saja dingin, rumah lesehan dan berbagai keunikan lainnya. Termasuk masjid, warung, tempat jualan dan lain-lain. Benar-benar membuat saya terpukau. Sampai-sampai saya berencana membuat objek pariwisata yang sama. Semoga 10 tahun ke depan impian ini sudah terwujud. Mohon do’a dan dukungannya ya!

Tak mau melalui suasana indah berlalu begitu saja, saya pun menyempatkan diri untuk memotret panorama indah dari berbagai sisinya. Setelah itu, karena belum makan siang, saya pun menerima ajakan Mas Darmawan untuk menikmati bakso yang sudah disediakan di salah satu lesehan.

Tak terasa, jam di tangan saya menunjukkan pukul 15.30 WIB. Peserta pun tiba, dan langsung ke masjid untuk mlakasanakan shalat ashar berjama’ah. Setelah ashar, tepatnya pukul 16.00 WIB saya langsung dipersilahkan untuk menyampaikan materi. Suasananya begitu akrab. Suasana menjadi asyik dan seru, karena diskusi dan curhatan beberapa peserta. Setelah itu, peserta pun langsung foto barengan, lalu ke tempat pemberangkatan pulang, dekat masjid CIC.

Pukul 17.45 WIB. Kami pun berangkat pulang. Perjalanan kali ini cukup menegangkan. Bagaimana tidak, salah satu motor yang akan ditumpangi panitia, rusak. Ah, bagi saya, ini adalah ujian dari Allah agar mereka yang berjuang pada jalan al-Haq semakin tangguh dan tahan banting. Semangat!

Kini jam di tangan saya menunjukkan pukul 18.30 WIB. Agar tak ‘kesorean’ saya pun langung ke terminal Cicaheum. Saya diantar oleh Mas Vin dari IT Telkom sampai terminal Cicaheum. Di sela-sela menunggu keberangkat bus Bhineka menuju Cirebon saya menyempatkan diri untuk menunaikan shalat jama’ isya dan magrib. Setelah itu, membeli makanan ringan khas Bandung. Mengapa? Seperti biasa, istri dan anak saya pasti menginginkan ‘sesuatu’. Saya pun berinisiatif untuk membeli beberapa makanan ringan.

Waktu terus berjalan. Sekarang sudah pukul 19.30 WIB bus Bhineka menuju Cirebon pun langsung berangkat. Di perjalanan saya menyempatkan diri untuk mendengar muratal dari beberapa hafiz internasional dan nasyid bersyair ‘khas’. Pokoknya perjalanan kali ini asyik benar.

Sekarang saya pun sampai di Cirebon, tepatnya pukul 23.55 WIB. Alhamdulillah istri dan anak saya sedang menunggu saya sambil membaca buku. Terima kasih istri tercinta, terima kasih anak tersayang.

Alhamdulillah saya masih mendapat kesempatan dari Allah untuk bersua dengan para aktivis yang berwajah cerah, kaya semangat dan punya obsesi untuk selalu meniti jalan perjuangan. Suasana seperti ini tentu sangat saya rindukan. Bagaimanapun, saya termasuk orang yang masih membutuhkan energi positif dari luar diri saya; dan mereka telah menjadi sumber inspirasi saya.

Di atas segalanya, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu yang tak kenal lelah mencari inspirasi, termasuk di CIC Bandung Barat-Jawa Barat. Selamat berwisata! [Cirebon, 18 Mei 2012; Kang Kadir, 085 220 910 532—Penulis Buku: Kampungku; Buku dan Surga]