Motivasi Untuk Aksi

Judul : The Power Of Motivation, Penulis : Syamsudin Kadir, Ukuran : 21 x 14 cm, A5, Tebal : 140 halaman, Penerbit : Mitra Pemuda, Harga : Rp 30.000 (Diskon bersyarat), Nomor kontak : 085 220 910 532.

“Pemenang mencari motivasi, Pecundang menunggu motivasi” (Satria Hadi Lubis, Trainer dan Motivator)

MOTIVASI bisa dimaknai sebagai keseluruhan proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Motivasi bisa juga dipahami sebagai alasan yang mendasari seseorang untuk melakukan satu perbuatan atau aktivitas tertentu dalam menggapai cita-cita atau kesuksesannya.

Apapun definisinya, seorang yang memiliki motivasi tinggi dapat dikatakan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkan atau apa yang dicita-citakannya dengan merencanakannya secara matang dan mengerjakan pekerjaannya secara tulus.

Mengenai hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan. Sementara ketekunan merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya dalam menggapai keinginan atau cita-citanya.

Apapun definisi yang ingin kita sematkan pada kata MOTIVASI, yang pasti motivasi adalah salah satu kebutuhan bagi siapapun yang ingin hidup dan memperoleh kehidupan yang terbaik. Mereka yang ingin menang dan sukses selalu butuh motivasi, hingga mereka menjemput motivasi dan mencarinya. Sementara orang kalah dan gagal, mereka selalu menunggu motivasi, bahkan merasa diri tak butuh motivasi.

“Pemenang mencari motivasi,  pecundang menunggu motivasi”

Apakah kita pernah hilang semangat, merasa lemah, tak mampu dan segala hal yang menunjukkan keterbatasan atau ketidakmampuan kita? Atau merasa bahwa kita sudah tidak bisa menuntaskan sebuah aktivitas dan tidak mampu menggapai cita-cita kita? Semuanya tak salah, sebab manusia memang memiliki keterbatasan.

Tapi, apakah kita tidak menyadari bahwa kita memiliki potensi luar biasa? Bukan kah  Allah telah memberikan berbagai potensi kepada kita? Percayalah, dalam hidup ini tak ada yang “tak mungkin” dan tak ada yang “tidak bisa”, semuanya “mungkin” dan “bisa”, tentu saja dalam takaran atau ukuran kemanusiaan kita. Sekarang semangatlah, karena kita adalah salah satu makhluk pilihan Allah dengan segala keunggulan dan keunikan ciptaan-Nya untuk kita, termasuk diri kita!

Selebihnya, sehebat apapun kita atau semampu apapun kita, tetap saja kita membutuhkan penyemangat atau dukungan dari luar diri kita. Di samping itu, tentu saja kita sangat butuh Sang Kuasa yang mengendalikan segala kesuksesan. Garisan takdir-Nya adalah bingkai penentu kesuksesan kita. Hanya karena kuasa-Nya kita bisa memperoleh kesuksesan.

The Power Of Motivation yang berisi 9 Motivasi Pembangkit Semangat ditambah 28 Mutiara Penggugah Jiwa merupakan kumpulan tulisan sederhana saya dari rekaman dan tulisan ringan ketika diundang mengisi acara pelatihan di beberapa kota di seluruh Indonesia selama beberapa waktu yang telah lewat.

Pada awalnya hanya rekaman dan tulisan di kertas buram. Karena adanya keinginan untuk berbagi sekaligus upaya dokumentasi dari setiap peristiwa, ide dan catatan-catatan berserakan, dan dukungan berbagai pihak, terutama istri tercinta, akhirnya saya susun dan elaborasi kembali menjadi tulisan teratur hingga menjadi bacaan gurih seperti yang ada di tangan sahabat sekarang.

Walaupun tersusun tematik, pada dasarnya antara satu tulisan dan tulisan yang lain saling berkaitan dan saling melengkapi. Sehingga secara teknis bisa dibaca mulai dari judul apa saja, berurutan atau tidak, tak masalah. Semuanya renyah dan tentu saja siap membakar semangat siapapun pembacanya. Tidak percaya? Saya akan buktikan bahwa karya ini disuguhkan untuk membakar semangat-motivasi Anda. Jangan salahkan saya jika Anda terkena virus semangat-motivasi dahsyat. Jujur saja, saya tidak bertanggung jawab!

Bersyukur, Berterima kasih  

Allah Swt. adalah Pencipta yang telah memberi saya potensi dan kesempatan untuk menuntaskan karya ini. Dengan begitu, karya ini sepatutnya bukan upaya gagah-gagahan atau sombong diri. Lebih tepat saya jadikan sebagai wujud upaya syukur atas potensi dan nikmat umur yang Allah Swt. anugrahkan dan berikan untuk saya selama ini. Di samping sebagai wujud impian saya untuk menulis buku seumur hidup sekaligus tekad untuk mewariskan serpihan-serpihan sederhana untuk generasi yang akan datang.

Banyak pihak yang ikut membantu dan mendukung saya dalam dunia penerbitan dan penulisan, termasuk dalam menyusun buku ini. Ada Bang Wawan (seorang yang selalu memberi inspirasi, terutama dalam mengelola peluang. Terima kasih Bang. Kapan-kapan kita jalan keliling Jakarta lagi oke!), Mang Yoga (seorang yang tak pernah saya duga mendukung saya dalam dunia penerbitan akhirnya datang juga, sungguh luar biasa!, jazakumullah), Mba Nunik Yuniati (seorang yang berjasa banyak dalam walimahan saya, dalam  menyempurnakan beberapa naskah buku saya dan alhamdulillah pada 3 Maret 2012 yang lalu telah menikah, barokallahu laka wa barokallahu ilaika wa jama’a bainakuma fil khoir), Neng Neneng Mutiara Maulida (seorang yang selalu tabah, sabar dan bersedia mengambil pelajaran di balik segala peristiwa. Walau kadang menyebalkan dan suka aneh, eh emang benar-benar aneh, tapi terima kasih ya Neng, jarang-jarang ada yang kaya Neng!), Komunitas Kantin Menulis Penerbit Mitra Pemuda (sahabat-sahabat yang terus membagi ilmu, pengalaman dan inspirasi dalam dunia literasi, terima kasih untuk semuanya), dan banyak orang yang tidak bisa disebutkan satu persatu di sini. Siapapun mereka, saya perlu menyampaikan ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya. Tanpa mereka mungkin saya hanya memiliki semangat tak seberapa bahkan tak bisa melakukan apa-apa. Bagi saya, mereka adalah penyemangat, pendukung, motivator ulung bahkan guru yang tulus.

Untuk Mang Mohammad Ikbal Ferdiansyah yang telah bersedia menjadi pengukir indah isi dan cover buku ini, saya layak menyampaikan ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya. Saya berharap, mudah-mudahan kontribusinya bermanfaat dan bernilai ibadah di sisi Sang Kuasa. Blog saya yang dibuatin juga mantap tuh. Oh ya, semoga segera punya ‘dede’ ya!

Untuk seluruh keluarga saya : Ayah, Bunda, Mertua, Nenek, Paman, Bibi, Kakak, Adik dan semuanya, terima kasih. Saya sangat percaya bahwa keluarga adalah sumber inspirasi dan kekuatan bagi siapapun untuk selalu semangat dalam melakoni kehidupan yang semakin kompleks ini. Keluarga adalah gudang dukungan dan harapan. Mudahan-mudahan prinsip dan nilai-nilai kehidupan yang diberikan selama ini terus hadir dalam seluruh ritme kehidupan yang saya lalui kelak. Sekali lagi, terima kasih keluarga tercinta!

Untuk keponakan saya, Andri Ilham yang selalu bersedia membaca ulang naskah beberapa buku saya, teruslah belajar, raihlah cita-citamu dengan kesungguhan. Miliki mental pemenang : berani memikirkan, berani merencanakan, berani melakukan, berani mengevaluasi dan berani menikmati hasil. Mudah-mudahan jalan kesuksesan selalu terbuka untukmu, selamanya. Lalui semua ujian kehidupan dengan sabar dan tawakal. Jangan lupa MENULIS buku, kelak itulah yang menjadi salah satu warisan yang kau persembahkan bagi generasi berikutnya. Hayo semangat!

Untuk istri saya, Mba Uum Heroyati, terima kasih. Kesabaran dan ketulusanmu untuk selalu bersama saya menata kehidupan rumah tangga menuju keluarga ideal selama ini tak mungkin saya lupakan. Senyumanmu yang tulus membuat saya terhibur dan merasa gembira. Keletihan dan kelelahan saya dalam menuntaskan berbagai aktivitas seperti mengisi acara di luar kota, menulis buku, merapihkan naskah dan seterusnya, hilang begitu saja, ya karena motivasi dan keikhlasanmu. Sekali lagi, terima kasih istri tercinta!

Untuk anak saya, Azka Syakira, terima kasih juga. Keluguanmu tuk selalu memberi senyuman tulus telah membuat saya (Ayahmu yang rada rame ini he he he) bertambah semangat, bahkan menjadi orang yang tersadarkan bahwa segala tantangan dan hambatan dalam hidup tak seberapa jika dilalui dengan senyuman dan keceriaan. Engkau benar-benar sumber energi tak terduga. Sekali lagi terima kasih anak sayang!

Akhirnya…

Di atas segalanya saya berharap mudah-mudahan karya ini bermanfaat dan mampu menginspirasi dan menyemangati kita dalam menunaikan berbagai aktivitas untuk menggapai cita-cita, impian atau kesuksesan. Percayalah bahwa dalam hidup ini selalu ada tantangan dan hambatan. Ya, itu sudah kepastian kehidupan, terutama dalam menggapai cita-cita. Namun percayalah, di balik itu semua selalu ada hikmah dan kesuksesan yang akan kita peroleh. Mungkin tak mesti saat ini, karena hikmah biasa dirasa di ujung peristiwa dan kesuksesan biasa datang di akhir perjuangan. Pekerjaan kita sekarang adalah membaca buku ini, mengambil pesan atau manfaatnya sesuai dengan selera kita masing-masing. Kemudian bekerjalah dari sekarang. Insya Allah kesuksesan segera bersama kita. Di atas etalase kehidupan yang dinamis dan kaya inspirasi ini saya berusaha mendo’akan kesuksesan bagi kita semua. Salam Motivasi, Salam Aksi! []

Jakarta, 10 Maret 2012, Pukul 01.00-01.30 WIB


 

Syamsudin Kadir

 

Tinggalkan Balasan

