Jadilah Sahabat Terbaik!

2 Agu

“Manusia adalah makhluk sosial. Tak ada pencapaian apapun yang diperoleh oleh seorang manusia tanpa keterlibatan dan dukungan manusia lain. Salah satu nama untuk orang-orang yang selalu memberi dukungan dalam kesuksesan adalah sahabat. Maka, jadilah sahabat terbaik bagi siapapun!”

BERTEMAN itu menyenangkan. Semua orang sangat percaya dengan pernyataan ini. Karena bagaimanapun, alangkah sedihnya orang yang tidak memiliki sahabat atau teman. Ia akan kesepian dan merana. Bahkan jauh dari rasa bahagia yang membuatnya lebih bersemangat dalam hidup.

Dalam mewujudkan mimpi besar atau usaha besar, setiap orang tentu sangat membutuhkan orang lain di sekitarnya. Ia pasti membutuhkan keterlibatan orang-orang yang ia cinta. Nah, salah satu di antara yang cukup dibutuhkan dalam hidup ini adalah sahabat atau teman.

Menjaga dan memelihara persahabatan adalah di antara faktor yang sangat mempengaruhi perjalanan seseorang dalam mewujudkan impian atau rencana hidup yang ia bangun. Persahabatan adalah sebuah bentuk ikatan yang sangat berperan penting dalam hidup, termasuk dalam melanggengkan kesuksesan.

Pertanyaannya, bagaimana caranya agar persahabatan itu langgeng? Apa saja sikap yang mesti dimiliki jika Anda menjadi sahabat atau teman dari orang-orang di sekitar Anda? Deny Riana, dalam bukunya 99 Ideas For Happy Teens, sangat lugas menyebut beberapa hal yang mesti dimiliki adalah:

1. Jadilah pendengar yang baik
2. Hormati pendapatnya
3. Pelihara kepercayaan
4. Lihat sisi baik
5. Jangan pernah merasa iri
6. Pertolongan yang wajar
7. Refreshing bersama
8. Jangan ragu meminta maaf.

Berikut merupakan penjelasan singkat saya atas beberapa hal di atas.

1. Jadilah pendengar yang baik
Di sini Anda diajak untuk jangan sesekali menggurui sahabat Anda. Jika sahabatmu berpendapat maka dengarkanlah dengan baik. Perhatikan apa yang ia bicarakan atau sampaikan untuk Anda.

2. Hormati pendapatnya
Berbeda pendapat itu pasti. Namun, janganlah merendahkan pendapat sahabat Anda jika pendapatnya berbeda dengan Anda atau bahkan pendapatnya salah. Berupayalah untuk menghargai pendapatnya, dan berilah masukan atau usulan ide terbaik dengan cara terbaik.

3. Pelihara kepercayaan
Berupayalah untuk menjaga kepercayaan sahabat Anda. Jangan coba-coba menceritakan keburukan sahabat Anda kepada orang lain. Apapun masalahnya atau mungkin ia bermasalah dengan Anda, tetap saja Anda tidak memiliki hak untuk menjelekkannya. Sebab, kata kunci dari persahabatan kepercayaan. Percaya bahwa di antara kedua belah pihak mampu menjaga lidah atau lisan dari kebiasaan menjelekkan orang lain, termasuk sahabat Anda.

4. Lihat sisi baik
Setiap orang tentu memiliki kelemahan atau kekurangannya masing-masing. Namun, tentu saja memiliki kelebihan atau kebaikannya juga. Agar persahabatan Anda abadi dan nyaman, maka yang Anda lakukan adalah menilai sahabat Anda secara adil dan bijak. Fokuslah untuk menilai kebaikannya, dan jangan terlalu sibuk untuk mengurus kesalahan atau kekurangannya. Sekali lagi, lihatlah sisi baiknya.

5. Jangan pernah merasa iri
Semua orang sangat merasa nyaman jika dihargai, dan sangat membenci orang yang mendengki. Setiap orang punya jatah rezeki masing-masing, Andapun memiliki jatah dari Sang Pencipta. Sangatlah elok jika Anda menghormati atau bersyukur kepada Allah atas apa yang sahabat Anda peroleh, karena rezeki yang ia peroleh berasal dari Sang Pencipta; dan itu di luar kuasa manusia. Begitu juga apa yang Anda peroleh. Maka berbaik sangkalah!

6. Pertolongan yang wajar
Anda dan siapapun sahabat Anda pasti merupakan makhluk sosial. Makhluk yang tentu saja membutuhkan bantuan orang lain. Berilah bantuan atau pertolongan kepada sahabat Anda, jika Anda menyaksikan ia membutuhkannya. Lakukan kebaikan untuknya, baik ia minta maupun tidak. Selama ia butuh, maka berikanlah!

7. Refreshing bersama
Carilah waktu yang tepat untuk berjalan bersama ke toko buku atau ke tempat mana saja yang membuat persahabatan Anda semakin awet. Datangilah tempat-tempat yang ia sukai. Bermainlah bersamanya ke tempat-tempat yang membuatnya senang dan persahabatan semakin ‘lengket’. Dengan begitu, sahabat Anda merasa dihargai kesukaannya. Cobalah!

8. Jangan ragu meminta maaf
Saat Anda melakukan satu atau beberapa kesalahan, baik sengaja maupun tidak sengaja, yang mesti Anda lakukan adalah memohon maaf kepadanya. Anda mesti melakukan ini: mengingat kebaikan-kebaikannya kepada Anda dan kesalahan-kesalahan Anda kepadanya, kemudian lupakan kesalahannya kepada Anda dan kebaikan Anda kepadanya.

Persahabatan adalah sebuah ikatan yang sangat indah. Persahabatan yang hakiki adalah persahabatan yang mendatangkan kebaikan atau kemaslahatan. Dalam mewujudkan mimpi besar atau kesuksesan sekalipun, keberadaan sahabat sangat penting. Maka miliki sahabat, dan jadilah sahabat terbaik bagi siapapun di sekitar Anda. Mudah-mudahan usaha atau mimpi Anda menjadi kenyataan dan semakin sukses. Akhirnya, jadilah orang yang terbaik kapan dan di manapun Anda berada. Baik sebagai tetangga maupun sebagai sebagai sahabat sejati! []

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: